Betulkah Bentuk Mengkritisi?

Posted by Penulis Cilik Punya Karya On Rabu, 04 Agustus 2010
(Ilustrasi: Ella Dallus)

Oleh: J.S. Badudu

Menggunakan bahasa secara tepat dan benar tidaklah mudah. Tentu saja diperlukan pengetahuan tentang bahasa itu melalui pelajaran khusus. Pengetahuan berbahasa secara alami saja tidak cukup. Di sekolah, guru mengajarkan kepada murid-muridnya bagaimana bahasa yang benar tentang makna kata, bentuk kata, dan susunan kata dalam kalimat.

Ada dua segi bahasa yang utama, yakni bentuk dan isi. Yang dimaksud dengan isi adalah makna, arti, atau maksud yang terkandung dalam bentuk bahasa itu. Bentuk dan isi tentu harus sejalan. Kalau bentuk salah, misalnya susunan kata-kata dalam kalimat tidak teratur sesuai dengan struktur kalimat, arti atau maksud kalimat itu akan kabur atau tidak dapat dipahami.

Mari kita tinjau sepatah kata yang sering dipakai orang, padahal kata itu salah bentuknya. Yang saya maksud adalah kata “mengkritisi”. “Dia mengkritisi bahasa saya” bukanlah kalimat yang benar. Kata “kritisi” adalah kata bentuk sebagai bentuk jamak dari “kritikus” — orang yang ahli mengkritik. Baik kata “kritikus”, maupun kata “kritisi”, berasal dari kata “kritik”.

Kata “kritik” dipungut dari bahasa Belanda yang padanannya dalam bahasa Indonesia adalah kata “kecaman”. Kata kerjanya ialah “mengkritik” atau “dikritik”. Berikut adalah contoh pemakaiannya.
  1. Tabiat manusia pada umumnya suka “mengkritik”, tetapi tidak senang bila “dikritik”.
  2. Alm. H.B. Jassin adalah seorang “kritikus” sastra yang terkenal.
  3. “Kritisi” sastra Indonesia sangat sedikit, malah boleh dikatakan orang yang melakukan kerja “kritik” secara teratur, seperti H.B. Jassin, hampir tidak ada.
Dengan penggunaannya dalam kalimat seperti pada contoh-contoh di atas, kita dapat melihat bagaimana penggunaan kata-kata itu secara benar dalam kalimat. Dalam bahasa Indonesia tidak ada bentuk kata kerja “mengkritisi” dan “dikritisi”. Kedua bentuk itu adalah bentuk yang salah kaprah. Jadi, jangan digunakan. Contoh lain seperti itu, misalnya “politik”, “politikus”, dan “politisi”.

Kesalahan kedua yang sering kita jumpai dalam tulisan-tulisan dewasa ini ialah bentuk kata “berpetualang”. Kata ini dibentuk dari kata dasar “tualang”, diberi awalan pe-, lalu diberi lagi awalan ber-. Kata “petualang” berarti orang yang bertualang. Kata ini tidak mungkin diberi lagi awalan ber- karena maknanya tidak sesuai dengan nalar.

Sebagai bandingannya, dapatkah kata “pedagang” dan “petani” diberi awalan ber-, menjadi “berpedagang” dan “berpetani”? Tidak mungkin, bukan? Itu sebabnya bentuk “berpetualang” bukanlah bentuk yang benar.

Dari bentuk dasar “tualang” (yang tidak dapat digunakan tanpa imbuhan) muncul kata “bertualang” sebagai kata kerja. Orang yang “bertualang” disebut petualang dan pekerjaannya itu sendiri disebut “petualangan”. Hanya ada tiga kata bentukan dari bentuk dasar kata “tualang” itu, tidak ada bentuk yang lain lagi.

Contoh lain seperti tualang ialah “ungsi”. Bentuk ini tidak dapat dipakai sendiri tanpa imbuhan. Hanya muncul sebagai “mengungsi”, “pengungsi”, “mengungsikan”, “diungsikan”, “pengungsian”, dan mungkin juga bentuk “terungsikan”.

Berikut contoh dalam kalimat.
  1. Korban bencana alam itu “mengungsi” ke tempat yang aman.
  2. Para “pengungsi” terdiri atas laki-laki dan perempuan, bahkan orang-orang yang sudah tua dan anak-anak.
  3. Pemerintah “mengungsikan” semua penduduk dari daerah bencana itu.
  4. Jumlah orang yang “diungsikan” lebih dari seribu orang.
  5. Tempat “pengungsian” tidak hanya satu, tetapi beberapa.
  6. Orang yang “terungsikan” merasa bersyukur karena luput dari bencana gempa dan tsunami itu.
Related Posts with Thumbnails
Diberdayakan oleh Blogger.