Tanya-Jawab Seputar Menulis Buku Anak

Posted by Penulis Cilik Punya Karya On Kamis, 19 November 2009 8 komentar
Aku ingin jadi penulis buku cerita anak. Tapi aku tidak punya background, aku bukan siapa-siapa dan tidak kenal siapa-siapa. Bisa nggak, ya?

Siapa saja bisa jadi penulis asal memang ada keinginan. Akan ada banyak orang yang menolong kita sepanjang perjalanan kita. Penerbit, editor, illustrator, dll. Jadi memang hanya modal mau saja.

Bagaimana cara cari tahu tentang penerbit? Aku nggak kenal penerbit satu pun!
Tinggal pergi ke toko buku, lihat buku-buku yang ada. Catat alamat dan kontak dari penerbit-penerbit (tertulis di dalam sampul buku atau di back cover). Perhatikan selera dari masing masing penerbit. Teliti penerbit A biasa menerbitkan buku seperti apa, penerbit B seperti apa, dll.

Kalau nggak kenal memang boleh langsung ngirim naskah?
Boleh banget! Langsung saja kirim. Jangan lupa satu minggu setelah kirim, cek apakah memang naskah sudah tiba dengan selamat. Jangan sampai sudah menunggu 3 bulan ternyata naskah tidak sampai.

Kalau mau bikin buku anak bergambar, yang dikirim apa, ya? Teks saja, atau beserta gambar atau gimana? Terus kalau aku nggak bisa gambar gimana?
Biasanya yang aku lakukan adalah mengirimkan teks dan contoh gambar dari beberapa illustrator. Illustrator yang disukai penerbit yang akan dipilih. Ada juga penerbit yang punya in house/rekanan illustrator sendiri. Tapi tetap saja kita boleh merekomendasikan illustrator. Alasan kenapa aku tidak pernah langsung mengirimkan teks beserta gambarnya: selera penerbit berbeda-beda, kita tidak tahu illustrator mana yang mereka sukai dan gambar tidak bisa dibuat sebelum mengetahui ukuran buku dan yang lebih penting lagi, konsep buku juga harus digodok dulu.

Aku nggak kenal illustrator. Gimana, dong?
Aku dulu pasang iklan lowongan di kampus-kampus dan juga pasang iklan di milis. Juga bisa minta dikenalin oleh penulis lain atau jika kenal satu saja illustrator, bisa merembet ke teman-temannya. (Jika perlu, aku bisa kenalkan ke beberapa, di milis Pembaca Buku Anak ini juga banyak anggota teman teman illustrator)

Siapa yang membayar illustrator?
Ini bisa banyak arrangement. Bisa penerbit yang bayar, bisa penulis yang bayar, bisa juga bagi royalty antara penulis dan illustrator.

Berapa sih fee illustrator?
Beragam banget. Tergantung senioritas illustrator dan tergantung gambar manual atau komputer. Basically tergantung nego. Rangenya antara Rp 40,000–Rp 120,000 per halaman (mungkin ada juga yang di luar range itu).

Terkadang ada penerbit yang menawarkan untuk beli putus atau sistem royalty. Sebaiknya pilih yang mana?
Positifnya dari beli putus: uang diterima di depan dan jumlahnya pasti.
Negatifnya dari beli putus: jika cetak ulang atau license rights dibeli oleh penerbit luar negeri, nggak dapat lagi.
Positifnya dari royalty: jika cetak ulang atau rights dibeli oleh penerbit luar negeri, tetap dapat bagian.
Negatif dari royalty: uang diterima belakangan (setelah ada penjualan) dan jumlahnya tidak pasti (tergantung penjualan).
Setiap orang punya kondisi yang berbeda, jadi masing-masing yang harus menimbang semua positif dan negatif dan menetapkan mana yang ia akan ambil.

Berapa lama sih waktu tunggu kabar apakah naskah kita diterima atau ditolak?
Beragam sekali! Pengalamanku rangenya di antara 24 jam dan lebih dari satu tahun!

Boleh nggak sih kontak ke penerbit untuk nanya-nanya apakah naskah kita diterima atau tidak. Apakah mengganggu?
Boleh asal tidak terlalu sering. Pertama mengirim, pastikan bahwa naskah sudah tiba dengan selamat. Jika dibilang waktu review adalah 3 bulan, 3 bulan kemudian boleh menanyakan. Jika belum ada kabar, tanyakan sebulan sekali.

Boleh nggak ngirim naskah yang sama ke lebih dari satu penerbit yang berbeda?
Sebaiknya jangan, tapi ada juga beberapa penerbit yang memperbolehkan itu. Sebaiknya tanya ke penerbitnya apakah itu diperbolehkan. Tapi sebaiknya tulis saja lebih banyak cerita, supaya punya cukup bahan untuk disebar ke banyak penerbit.

Aku sudah mengirim berkali-kali, tapi ditolak terus. Gimana, dong?
Kirim lagi! Serius! Karena penolakan naskah itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa penerbit sudah penuh jadwal terbitnya untuk tahun itu, bisa naskahnya bukan tipe yang sedang dicari penerbit. Naskah dan penerbit itu jodoh-jodohan. Pernah aku mengirim naskah A ke penerbit X dan naskah B ke penerbit Y, dua-duanya ditolak. Lalu aku coba kirim naskah A ke penerbit Y dan naskah B ke penerbit X (kutukar), dan dua-duanya langsung diterima. Jadi tetap kirim naskah yang ditolak ke penerbit lain, dan kirim naskah lain lagi ke penerbit yang baru menolak (jadi penting untuk rajin menulis untuk punya stok naskah). Juga rajin-rajin ke toko buku untuk melihat “selera” dari masing-masing penerbit.

Ide suka buntu. Gimana dong caranya supaya dapet ide?
Untuk buku anak, yang paling manjur adalah sering-sering bermain dengan anak. Masuklah ke dalam kehidupan mereka. Selain dari itu, sering-seringlah bermimpi. Juga baca buku yang banyak (tidak hanya buku anak).

Nb: FAQ ini ditulis oleh Mbak Arleen Amidjaja—penulis buku anak, yang saya copas dari milis Pembaca Buku Anak (penulis-bacaan-anak@yahoogroups.com). Semoga bermanfaat, ya!

Salam,

(Ilustrasi: Karya Ester Garcia Cortes)

8 komentar to Tanya-Jawab Seputar Menulis Buku Anak

  1. says:

    fajarfaqih btw makasih ya, tulisannya sangat bermanfaat buat saya ynag sedang menulis..

  1. says:

    Sindikat Penulis Iya, sama-sama faqih :) Tetap menulis ya :)

  1. says:

    Mayasari Pak...ini sy ada crita anak...uda kirim bbrp penerbit nga ada kabar.......
    sungkan jg kasih komen ke blog/email2 mrk trus................

    gmn ya Pak?Misal sy coba kirim ke Bapak n kira2 Bpk bisa beri tau ke penerbit yg kira2 cocok dg tulisan sy gmn?
    ini sy coba kirim ke email Bpk apa?
    email sy brosknub@yahoo.com

    sy ingin kelak stlh anak sy bisa baca bisa melihat sy bikin cerita ini untuknya

  1. says:

    Sindikat Penulis Coba aja kirim ke: info@mizan.com

  1. says:

    idea kitchen dear teman-teman sindikat penulis,
    kalau butuh ilustrator atau desainer feel free to contact us ya
    :)


    regards,

    idea kitchen
    www.idea-kitchen.com

  1. says:

    Sindikat Penulis Wah, oke-oke Idea Kitchen. Nanti kalau ada yang butuh ilustrasi kami akan kontak-kontak kamu.

    SP

  1. says:

    all-about-silvi klo mau bikin buku calistung sama y step2nya dgn bikin buku cerita anak? coz aku dah bbrp lama ksh kursus bc tulis,kepikiran worksheet2 yg aku bikin manual aku jadikan buku, biar lebih bermanfaat lagi, g hny utk anak2 les ku...

  1. says:

    Anonim mau kirim tulisan cerita anak bahasa inggris indonesia, tapi gambarnya belum ada siapa mau terima ya

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Diberdayakan oleh Blogger.